Jumat, 28 Maret 2014

[SPECIAL POST] 2013 25 BEST MOVIES


Terlambat. Mungkin. Tapi, tak ada salahnya jika tetap membagikan daftar-daftar film terbaik bukan? Kali ini, ada 25 (Actually 27, because there’s a tie) film terbaik di tahun 2013. Sangat susah, karena banyak film-film keren di tahun lalu. Sebelum memasuki 25 Besar film terbaik menurut Arul’s Movie Review Blog, ini adalah 5 Film yang harus tersisih dari 25 Besar. Mari kita sebut mereka Honorable Mentions List.
 
Honorable Mentions.
31. Miracle In Cell No. 7   
30. Warm Bodies
29. Ender’s Game
28. Monsters University
27. Ain't Them Bodies Saints 

 
26. About Time (Director : Richard Curtis / US)
Film Romance-Comedy milik Richard Curtis ini berhasil membuat hati tentram dan hangat. Dengan balutan unsur Sci-Fi ini menjadi salah satu film tahun 2013 yang terkenang.

Baiklah, sekarang mari menilik lebih lanjut siapa yang ada di posisi 25 hingga 1. Here we go.......

 
25. The Wolf of Wall Street (Director : Martin Scorsese / US)
Jordan Belfort, seorang serigala di sebuah pasar saham. Biografi miliknya diangkat oleh Martin Scorsese dalam sebuah film dengan durasi hampir 3 Jam (Meskipun di bioskop terkena sensor sebanyak 15 Menit). Party, sex, and lot of fun.

24. Evil Dead (Director : Fede Alvarez / US)
Remake dari film horor legendaris milik Sam Raimi ini memiliki banyak sekali unsur senang-senang terutama dalam adegan gore dan bloodybath.

      The Conjuring (Director : James Wan / US)
Juga di posisi 24, Sutradara yang membangkitkan lagi taste horor-horor klasik. James Wan berhasil membuat satu film horor klasik yang berkelas, mencekam, dan menawan. 

 
23.  Stoker (Director :  Chan Wook-Park / US)
Satu film horor-psikologis yang membalut semua adegan-adegan di filmnya begitu indah. Chan Wook-Park, sutradara korea ini berhasil mengarahkan film Hollywood pertama miliknya dengan baik.

22.  The Past (Le Passe) (Director : Asghar Farhadi / French)
Menempatkan setiap karakter di film ini memiliki satu sisi yang bisa diperjuangkan dan bisa dipersalahkan maka Asghar Farhadi adalah dalang yang benar. Setelah A Separation, Asghar Farhadi mengenalkan The Past (Le Passe) yang memiliki passion yang sama meskipun tak sekuat A Separation.

21. Philomena (Director : Stephen Frears / US)
Satu kisah yang benar-benar memilukan dari sosok seorang Ibu, Philomena yang sedang mencari anaknya yang diambil darinya. Akan membuat penontonnya emosional diiringi dengan scoring yang juga indah.

20. 12 Years A Slave (Director : Steve McQueen / US)
Pedih. Satu kata yang akan bisa dirasakan ketika menonton film ini. 2 Jam penuh dengan siksa dan kepedihan dari seorang budak kulit hitam, Solomon Northup dan perjuangannya untuk mendapatkan hak kebebasannya.

19. Ilo Ilo (Director : Anthony Chen / Singapore)
Drama keluarga yang begitu sederhana dengan menceritakan sebuah Keluarga dengan berbagai lika-likunya. Begitu menghangatkan dan memberikan banyak pelajaran berharga bagi seluruh keluarga.

18. Frances Ha (Director : Noah Baumbach / US)
Satu film Coming-of-age dengan presentasi gambar Black and White menyorot perubahan karakter Frances yang diperankan oleh Greta Grewig. Simple, menyenangkan, meskipun hitam-putih tapi tetap ‘berwarna’.

17. Dallas Buyers Club (Director : Jean-Marc Vallee / US)
Film tentang HIV/AIDS dengan departemen akting yang benar-benar kuat. Jared Leto yang transform menjadi Waria dan Matthew McCounaghey yang merubah dirinya sekurus mungkin.

16. Star Trek Into Darkness (Director : J. J. Abrams / US)
Remake dari satu film Sci-Fi legendaris. J.J. Abrams berhasil membangkitkan dan bahkan menambah fans baru untuk Universe milik Captain Kirk ini. Benar-benar padat dan menyenangkan untuk diikuti.

      Pacific Rim (Director : Guilermo Del Toro / US)
Juga berada di posisi 16, satu film Style Over Substance tentang robot bernama Jaeger yang melawan monster bernama Kaiju. Dengan konten yang tak terlalu bertele-tele tetapi bagaimana Guilermo Del Toro berhasil memberikan satu sensasi menonton film yang sangat menyenangkan dan membuat kagum.

15. The Hunt (Jagten) (Director : Thomas Vinterberg / Denmark)
Drama tentang bagaimana sebuah tuduhan yang salah kepada seseorang yang berhasil diarahkan oleh Thomas Vinterberg. Akan dengan mudah mengotak-atik perasaan dan emosi penontonnya dengan begitu baik dengan konfliknya.

14. Before Midnight (Director : Richard Linklater / US)
Jesse-Celine adalah pasangan yang tak sengaja jatuh cinta. 9 Tahun pasca Before Sunset, mereka kembali lagi dalam Before Midnight, kali ini mereka menikah dan memiliki anak. Richard Linklater memberikan bumbu yang indah bagi penutup Before Trilogy ini. Tetap dengan Dialog-driven yang kental dan cerdas serta konflik yang semakin rumit.

      The Spectacular Now (Director : James Ponsoldt / US)
Romance coming-of-age yang sangat sederhana tetapi memberikan unsur yang menarik. Memberikan moral value yang kental tanpa ada kesan preachy. Dengan naskah yang ditulis oleh Michael H. Weber dan Scott Neustadter dan arahan James Ponsoldt yang menarik. The Spectacular Now benar-benar spektakuler.

13. Blue Jasmine (Director : Woody Allen / US)
Mengantarkan sebuah studi karakter sosok Jasmine dengan segala konflik hidupnya yang membuatnya harus jatuh dan terpuruk. Dengan kekuatan dari departemen Akting, Cate Blanchett membuat film ini sangat emosional.

12. Wadjda (Director : Haifaa Al-Mansour / Saudi Arabia)
Mimpi sederhana anak kecil yang dibalut menarik dengan bagaimana kaidah-kaidah Islam yang kental di lingkungan negara Saudi Arabia. Begitu menyentuh dan menghangatkan. Terlebih, norma-norma tentang perempuan yang diangkat terasa kental.

11. Saving Mr. Banks (Director : John Lee Hancock / US)
Dibalik satu film sukses milik Walt Disney studio, pasti ada kisah dari pembuatnya. Di film ini, menceritakan wanita yang menciptakan dunia Mary Poppins. Dengan cerita haru biru yang dikemas begitu apik dan kuat.

10. The Hunger Games: Catching Fire (Director : Francis Lawrence / US)
Sekuel dari The Hunger Games ini memberikan pendalaman karakter yang begitu kuat dengan final act yang juga digarap dengan bagus. Francis Lawrence benar-benar berhasil membuat Franchise ini semakin berjaya. We’ll see on Mockingjay Part 1 & 2

9. Short Term 12 (Director : Destin Cretton / US)
Menceritakan sebuah pondok bernama Short Term 12 yang berisikan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang yang perlu diperhatikan. Penuh karakter-karakter synical dengan berbagai konfliknya yang mengagumkan. Sangat indah hingga tak terasa mata akan basah.


8. Frozen (Director : Chris Buck & Jennifer Lee / US)
Disney sepertinya mulai mengeluarkan taring. Kali ini, Frozen benar-benar mengalahkan telak film animasi garapan Pixar untuk tahun ini. Bagaimana Frozen kali ini mengembalikan lagi ke zaman-zaman Disney yang klasik dengan lagu-lagunya yang memorable. What A good one.

7. American Hustle (Director : David O Russell / US)
Penuh dengan aktor-aktris terkenal dan tentunya dengan akting mereka yang menawan. Apa yang membuat kagum di film ini? bagaimana dialog-dialog panjang yang membuat tensi film ini ikut naik dan breathtaking. And yes, Jennifer Lawrence stole the show !

6.  Prisoners (Director : David Villenueve / US)
Membuat penontonnya masuk ke dalam satu labirin teka-teki, menyebarkan setiap kepingan puzzle dan memberikan konklusi menarik yang bisa diperdebatkan. 140 Menit yang benar-benar thrilling and confusing.

5. Rush (Director : Ron Howard / US)
Bukan biografi untuk satu orang, melainkan lebih kepada biografi frienemy (friend-enemy) atau rival antara pembalap F1 legendaris, Niki Lauda dan James Hunt. Dengan cerita yang begitu padat, mengharukan. Didukung dengan sinematografi yang cantik dan scoring yang indah. Membuat penontonnya akan merasakan asam manis sirkuit balap. 

4. The Broken Circle Breakdown (Director : Felix Van Groeningen / Beligium)
Sebuah melodrama romantis yang benar-benar mengharu biru. Sepasang suami-istri yang dulunya saling mencinta, tiba-tiba harus mulai renggang ketika anak mereka yang terkena kanker harus meninggal. Didukung dengan soundtrack-soundtrack lagu folk (atau country?) yang indah dengan momen-momen yang tentunya mengagumkan.

3. Captain Phillips (Director : Paul Greengrass / US)
Tom Hanks. Salah satu aktor legendaris berakting kembali ke sebuah film thriller-action tentang pembajakan kapal. Dengan tensi yang benar-benar terjaga, Paul Greengrass berhasil mengantarkan film yang diangkat dari novel yang berdasarkan kisah nyata ini dengan sangat baik. Terlebih, akting Tom Hanks di akhir yang benar-benar getir. 

2. Her (Director : Spike Jonze / US)
Kisah cinta yang begitu menarik, unik, fresh, dan original. Mencintai sebuah operating system? Hanya Spike Jonze yang bisa membuat film dengan begitu manis, indah, dan membuat kita berkontemplasi dengan kehidupan kita. The Moon Song was a memorable one.

1. Gravity (Director : Alfonso Cuaron / US)
Here we go, Best Movie of The Year (Last year, I mean). Pengalaman cinematic di luar angkasa yang tak akan pernah terlupakan. Didukung dengan sederet departemen yang sangat direbus dengan matang. Dari sound editing, sound mixing, scoring, sinematografi, tata visual efek dan akting yang kuat. Gravity benar-benar indah dan menawan. Membuat penontonnnya tak bisa bernafas selama 90 menitnya yang indah.


Inilah, Arul’s Movie Review Blog’s 25 Best Hollywood Movie List. Mana list kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar